Filter Bolong Harus Secepatnya Diganti

4:37 PM
Otomotif - Setiap kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 pasti memiliki saringan udara atau filter udara yang bertugas sebagai penyaring udara dari luar untuk mendinginkan mesin atau membuat suhu mesin tetap normal.


Nah Otomotiflovers semua jika filter udara ini sudah mulai kotor maka akan mempengaruhi kinerja motor Anda lho. Karena semakin kotor udara yang ada maka semakin mempengaruhi kinerja mesin.

Bagaimana mengenal filter udara yang sudah rusak atau harus diganti pada sepeda motor?

Andy mekanik dari bengkel Tech Motor di Jalan Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat mengatakan filter udara yang sudah rusak bisa dilihat dari lapisan fiternya jika ditemukan sudah ada yang bolong maka jalan keluarnya harus diganti dengan yang baru.

"Filter udara yang sudah bolong itu pengaruhnya cukup besar. Kotoran jadi gampang masuk dan tidak bisa diakalin kalau sudah seperti itu. Solusinya ganti dengan yang baru," yakin Andy saat ditemui detikOto.

Andy mengambil contoh pada filter udara dari Yamaha Mio yang sudah mulai rusak. Permukaan filter itu sudah bolong atau rusak karena umur pemakaiannya sudah lama.

"Ini ada filter udara Mio. Ini usia pemakaiannya lebih dari 2 tahun. Kalau sudah bolong kaya gini kotoran jadi gampang masuk hasilnya kinerja motor jadi tidak enak," terangnya.

Menurut Andy filter udara pada Mio biasanya menggunakan tipe kertas oli. Filter udara seperti ini dirancang khusus karena kertasnya sudah diberi pelumas oli khusus yang tugasnya menangkap udara atau kotoran yang masuk.

"Ideanlnya filter udara diganti setiap 15.000 km tapi tergantung pemakaian juga. Kalau tidak diservis atau dibersihkan setiap 3.000 km atau saat melakukan servis karburator," tutup Andy.(detik.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »