Penyebab Berat Larinya Motor Matik Berat

4:39 PM
Otomotif - Bagi sejumlah orang terutama kaum perempuan mengendarai motor matik itu sangat mengasyikan karena tinggal menyalakan mesin, gas dan menekan pedal rem saja.


Tapi berkendara Anda akan sedikit terganggu jika ada salah satu komponen yang rusak. Misalnya lari motor matik Anda jadi terasa berat baik di putaran bawah maupun putaran atas. Kira-kira apa ya yang menyebabkan motor matik Anda larinya jadi terasa berat?

Andy mekanik dari bengkel Tech Motor di Jalan Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat mengatakan salah satu penyebab lari motor matik jadi berat yakni karburator yang sudah kotor dan timbul kerak pada bagian leher karburator.

"Larinya jadi berat itu biasanya disebabkan oleh karburator dan lehernya yang sudah timbul kerak," cetus Andy saat ditemui detikOto.
Menurut Andy, karburator pada sepeda motor itu berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang bakal dikirim ke ruang bakar untuk dibakar serta yang mengatur jumlah bensin dan udara yang akan dibakar.

 "Kalau karburatornya kotor jadi perannya tidak berfungsi dengan normal. Caranya mudah hanya tinggal servis dan dibersihkan saja kok," timpalnya.

 Nah bagaimana membersihkan leher karburator yang dipenuhi kerak itu? Andy menuturkan kerak yang ada pada leher itu timbul karena kotoran dari bensin yang akan masuk ke dalam karburator.

"Keraknya akibat bensin. Biasanya kalau yang sering pakai bensin premium kerak akan banyak tapi kalau pakai Pertamax tetap bersih," terangnya.

Lanjut Andy membersihkan kerak pada leher karburator sangatlah mudah. Hanya cukup menggunakan carbon cleaner saja kerak sudah mengelupas.

"Sekarang sih udah ada alat pembersihnya tinggal semprot carbon cleaner saja keraknya sudah bersih lagi dan lari motor sudah normal lagi kalau bagian ini sudah dibersihkan," tandasnya. (detik.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »