Tidak Aman, Pemakaian Aditif dalam Waktu Lama

4:20 PM
Otomotif - Sejumlah pemilik kendaraan sering tergiur dengan iklan-iklan yang ditawarkan oleh produsen aditif. Dalam iklan atau promosinya disebutkan dengan menggunakan aditif tersebut akan mendapat banyak keuntungan pada mesin mobil Anda.



Tapi hati-hati Otolovers pemakaian aditif dalam jangka waktu yang panjang ternyata tidak aman untuk mesin mobil Anda. Karena pada kenyataannya menggunakan aditif akan menimbulkan kerak yang menumpuk pada sistem pelumas mesin.

Seperti yang diungkapkan oleh Gatot Hira Wilasa pemilik bengkel Hescher's Automotive Service yang berada di komplek Wisma Anggaran Pondok Gede, Bekasi yang mengatakan kalau pemakaian aditif dalam jangka waktu lama itu tidak aman.

"Pemakaian aditif dalam waktu lama itu kalau menurut saya tidak aman karena bicaranya akan menggumpal. Walaupun promosinya akan mencair tapi kenyataannya tidak," tutur Gatot saat berbincang dengan detikOto.

Pria ramah yang akrab disapa GT ini mencoba membeberkan alasannya, menurutnya pada mobil-mobil tertentu seperti pada mobil injection akan ada nozzle/injector yang mekanismenya sangat sensitif atau lubang pengabutan sangat halus.

"Ini yang mengakibatkan mobil terasa tidak enak untuk dikendarai. Kerak-kerak yang menggumpal akan masuk ke sistem tersebut. Makanya pemakaian dalam jangka waktu lama itu tidaklah baik," lugasnya.

Bagaimana menghilangkan kebiasaan tersebut atau bagaimana caranya merawat mesin atau sistem pelumasan mesin yang baik?

Lanjut Gatot, ada baiknya selalu menjalankan servis rutin yang sudah disarankan oleh pabrikan mobil tersebut saja.

"Sebaiknya asalkan kita menjalankan service rutin saja pasti mobil akan aman dan tidak perlu menggunakan aditif segala macam," tutupnya. (detik.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »