Titip Mobil di Bandara

4:25 PM
Otomotif - Kekhawatiran kadang menyelimuti saat menitipkan kendaraan di bandara. Hal tersebut mungkin saja membuat perjalanan akan terasa kurang nyaman. Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin meninggalkan kendaraan di bandara.




Banyak traveler yang bingung untuk memarkirkan kendaraannya di bandara saat ingin bepergian dengan pesawat terbang. Sebagian dari mereka akhirnya memilih menggunakan kendaraan umum untuk menuju bandara. Jangan khawatir, saat ini beberapa bandara di Indonesia sudah punya fasiltas parkir khusus dengan keamanan 24 jam.

Salah satunya adalah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Bandara utama di Pulau Jawa ini memiliki fasilitas parkir untuk mobil yang akan menginap lebih dari 24 jam. Lokasi parkir ini berbeda dengan tempat parkir kendaraan yang ada di Terminal 1, 2, dan 3. Lalu, di mana lokasinya?

"Bisa tanya ke petugas yang ada di bandara, nanti mereka yang mengantarkan untuk parkir," ungkap Corporate Secretary Angkasa Pura II, Trisno Heryadi kepada otomotif, Rabu (13/2).

Informasi dari pengelola parkir bandara yang dihubungi detikTravel, lapangan parkir inap bandara ini bertarif Rp 20.000 per enam jam pertama dan setelahnya Rp 2 ribu per jam. Di sini, traveler tak perlu khawatir soal keamanannya. Tempat parkir ini sudah sangat terjamin keamanannya.

"Parkirannya sangat aman, saya jamin keamannya," tegas Trisno.

Eits, walaupun keamanan sudah terjamin, waspada harus terus diperhatikan. Untuk berjaga-jaga, Kamis (13/2/2013), detikTravel telah menghimpun 6 tips yang bisa Anda coba berikut ini:

1. Jangan tinggalkan barang berharga

Beberapa tempat parkir inap bandara tidak memiliki dinding dan atap. Hal tersebut bukan tidak mungkin membuat orang lain bebas keluar masuk area parkir. Jadi, jangan pernah untuk meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Kaca mobil yang mudah untuk diterawang oleh orang lain bisa saja membuat barang berharga Anda berpindah tangan.

2. Lepaskan kabel aki

Sebelum meninggalkan kendaraan, sebaiknya lepaskan dulu kabel akinya, begitu yang disarankan dari situs About.com. Hal ini bisa mencegah korsleting listrik pada mobil Anda. Selain itu, tenaga aki lama-kelamaan akan melemah, apalagi mesin mobil tak pernah dinyalakan dalam waktu berhari-hari.

Langkah ini juga bisa mengurangi tindak kejahatan di lokasi parkir. Dengan kabel aki yang tidak terpasang, mobil akan sulit dinyalakan oleh orang lain.

3. Pastikan kendaraan terkunci dengan aman

Jangan terburu-buru. Sebelum meninggalkan mobil, pastikan semua pintu sudah tertutup rapat dan terkunci dengan baik. Perhatikan juga kaca-kaca mobil, jangan sampai ada kaca yang belum tertutup rapat. Usahakan tambahkan kunci pengaman atau kunci stir, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Jangan lupa tiket parkir

Saat menitipkan kendaraan di bandara, jangan tinggalkan tiket parkir di mobil. Akan tetapi, perhatikan selalu tiket tersebut dan jangan sampai hilang. Minta juga nomor telepon yang bisa dihubungi kepada petugas parkir untuk sekadar menanyakan keadaan kendaraan Anda saat masih traveling.

5. Parkir kendaraan di dekat pos jaga

Area parkir memang luas, tapi pilihlah tempat yang ramai untuk memarkir kendaraan. Sebisa mungkin, parkir kendaraan di dekat pos jaga. Pihak keamanan yang berjaga 24 jam bisa dengan mengawasi kendaraan Anda saat ditinggal.

6. Pakai selimut kendaraan

Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada kendaraan saat traveling. Ketika ditinggal, bisa saja kendaraan terkena hujan, panas, atau cat tergores akibat ranting pohon yang tertiup angin kencang. Untuk menghindari hal ini, pakailah selimut kendaraan. Selain bisa melindungi cat, selimut kendaraan juga bisa mencegah orang-orang jahil yang berniat mengintip dalam mobil Anda.

Itu dia 6 tips untuk menginapkan kendaraan di bandara. Tetaplah waspada dan selamat traveling!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »